Monday, August 4, 2014

Buku Panduan Guru Kurikulum 2013


Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melak­sanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi:

1. jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pe­lajaran,

2. kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembe­lajaran yang menyatu dan mengalir,

3. pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku posi­tif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, ke­mampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif,

4. berbagai teknik penilaian peserta didik,

5. informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan,

6. kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah, dan

7. petunjuk penggunaan buku peserta didik.

Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (si­kap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi:

1. membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah dan sebagainya,

2. menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengor­ganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan),

3. memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta di­dik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari,

4. pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep,

5. penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi,

6. pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipe­lajari, dan

7. pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.

No comments:

Post a Comment