Birama 4/4 artinya setiap birama ada empat ketukan.
Perhatikan contoh irama berikut!
Penulisan pola irama digambarkan dengan t
- - - | - - - | - - - | - - - || birama
t t t t | t . t t | t . t . | t . . . || pola irama
1 1 1 1 | 2 1 1 | 2 2 | 3 1 || ketukan
Yang Harus Di capai :
Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mencoba).
Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar)
Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
No comments:
Post a Comment