Uraian Kegiatan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
1.Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat me-mainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.4.
Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
5.Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6.Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
8.Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
9.Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10.Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11.Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
12.Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13.Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
14.Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
Media dan Alat Pembelajaran
••
Teks lagu “Ruri Abangku”.
Contoh teks buku harian Udin.
Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.
Kegiatan Pembelajaran
••
Menuliskan pertanyaan beserta jawaban berdasarkan gambar pada buku siswa.
Catatan:
1.Kalimat tanya dibuat dengan menggunakan kata tanya.
2.Kalimat tanya diakhiri dengan tanda tanya (?).
3.Awal kalimat menggunakan huruf besar dan diakhiri dengan tanda titik.
4.Nama orang diawali dengan huruf besar.
••
Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
•Alat musik ritmis adalah alat musik tak bernada. Alat musik ritmis digunakan untuk keteraturan irama lagu. Cara memainkan alat musik ritmis dengan dipukul, baik dipukul dengan tangan maupun dengan alat, atau dikocok. Contoh alat musik ritmis di antaranya: rebana, drum, talempong, gendang, tamborin, marakas, dan lain sebagainya.
•Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang dapat diibaratkan seperti bunyi detak jarum jam.
•Pola irama berjalan menurut birama. Birama yaitu kuat lemahnya bunnyi dalam lagu. Kuat lemahnya bunyi dibatasi garis yang disebut garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh tanda birama yaitu 4/4.
No comments:
Post a Comment